NEw Knowledge

Sabtu, 14 Februari 2009

sembunyikan jejak di internet


berinternet bisa diibaratkan buka baju di tempat umum. orang-orang yang lewat bisa melihat semuanya jika mereka mau. pengguna internet awam akan tercengang jika mereka tahu seberapa banyak informasi yang mereka dapatdari sebuah komputer yang terkoneksi ke sebuah komputer.

antara paranoid dan keterbukaan identitas.
Setiap computer yang terhubung ke jaringan mana pun termasuk internet memiliki alamt IP yang bias dilacak. Begitulah antar computer bias saling berinteraksi. Dari situ juga dapat diketahui dapat diketahui situs-situs web yang dikunjungi computer tersebut. Provider internet (ISP) yang digunakan tentu saja (letak geografis) asal computer tersebut. Jika ada otoritas yang mengambil langkah lebih depan. Mereka bisa mengetahui alamat tepat computer tersebut.
Oleh karna itu muncul orang orang “paranoid” dalam penggunaan internet. Mereka berfikir informasi sepeeti itu dapat dimanfaatkan untuk tujua buruk.
Disisilain,ada juga orang yang berpendapat ketakutan seperti itu sangatlah berlebihan. Siapa yang peduli pada seseorabng yang bukan apa-apa ini diaantara jutaan pengguna internet lainya.
Meskipun demikian, tidak ada salahnya mengetahui metode penjelajahan anonim. Siapa tahu kita membutuhkanya nanti.

Salah satu yang terbaik
Banyak yang berkata JAP adalah salah satu aplikasi penjelajahan anonim yang terbaik. Sebegitu hebatnya sampai sampai pihak kepolisian jerman harus “memaksa” sang pengembang untuk membuka pintu belakang yang bisa diakses untuk keperluan penyelidikan suatu kasus. Meskipun JAP terpaksa mengikuti kemauna pihak kepolisian, akses itu Akhirnya di tutup lagi setelah JAP mengunakan jalur hukum untuk menuntut si penegak hukum. JAP bia diambil dari http://anon.inf.tu-dresden.de/download_en.html.
Berbeda dengan koneksi internet biasa, JAP akan mengalihkan semua aliran data dari dan ke komputer pengguna melewati sebuah alamat statis yang di gunakan bersama oleh sesama pengguna JAP. Tidak satupun dari alamat situs web yang dikunjungi atau juga pengguna lain yang bissa menentukan dari dan kemana sang pengguna pergi. Betul-betul anonim.
JAP melakukan ini dengan memanfaatkan layanan proksi yang bertingkaty untuk menyembunyikan alamat IP asli dari si pengguna.

Cara kerja dan konfigurasi
Sesudah selesai di instal, pengguna harus mengatur browsernya supaya mengunakan server proksi lokal yaitu (127.0.0.1) dan mengikuti port yang ditentukan oleh JAP pada saat instalasi. Pengguna fire fox dapat melakukan ini dengan masuk ke menu ( Preferences)> Advances, lalu mengklik tab [Network] dan mengklik tombol [Settings]. Akan ada sedikit perbedaan pada browser lainnya, tetapi sepertinya kurang lebih caranya sama
Untuk menyembunyikan identitas Anda pada kegiatan berinternet selain browsing, Anda harus juga melakukan pengaturan proxy pada aplikasi yang digunakan tersebut. Saat ini JAP sudah mendukung beberapa protocol internet seperti HTTP, FTP(hanya untuk mengunduh), HTTPS, dan Gopher. sementara yang belum adalah file sharing, P2P, chat, IM, Email, dan internet telephony.

Setelah pengaturan sudah selesai, yang perlu dilakukan untuk bias menggunakan layanan ini hanyalah berinternet sepeti biasa sementara menyalakan JAP di latar belakang. Jika diinginkan,ada beberapa pengaturan yang tersedia dari control panel JAP. Termasuk didalamnya menyalakan atau menatikan mode anonym, dan memilih penyei server proxy dari daftar yang tersedia disitu.
JAP sudah menyertakan beberapa server proksi gratis yang bisa digunakan. Layanan ini diadakan oleh beberapa universitas di jerman dan beberapa lembaga layanan masyarakat lainya. Tetapi mereka tidak menjamin bahwa server akan tersedia setiap saat. Ada juga pilihan layanan server proksi yang tidak gratis. Keunggulanya dalah mereka akan selalu menyala dan kecepatan yang lebih tinggi.
Berdasarkan masukan dari pengguna internet lain. Bahwa ada anggapan bahwa pimtu belakang yang di buka JAP untuk kepolisian jerman belum sepenuhnya di tutup sehingga ke anonimanya juga diragukan.
Tetapi masalahnya apakah anda memang membutuhkan. Pengguna awam biasanya tidak terlalu menggunakan layanan dengan tingkat keamanan terlalu tinggi. Dan layanan JAP untukitu masih sangat mecukupi.......^_^
posted by candra, yeah,.... at 08.21

0 Comments:

Posting Komentar

<< Home